Kamis, 06 Maret 2014

Empat Sumber Air Singapura


 



Singapura kita kenal sebagai negara kecil akan tetapi banyak hal positif yang dapat kita lihat.  Dan saya bersyukur tinggal di wilayah yang dekat dengan negara ini.

Ada empat sumber air bagi penduduk Singapura yaitu :

Air Tangkapan Lokal
Dua pertiga dari permukaan daratan Singapura merupakan daerah tangkapan air.  dan air hujan dikumpulkan dan disimpan di 17 reservoir.  yang membuat Singapura satu-satunya kota yang memiliki produksi air hujan skala besar.

Air Baru (Newater)

Newater diperkenalkan pada tahun 2003, yang diproduksi dengan memurnikan air terpakai dengan perlakuan, menggunakan teknologi membran canggih yang disebut filtrasi mikro (micro filtration), osmosa berbalik, dan desinfeksi dengan ultraviolet.  Newater dapat diminum, akan tetapi penggunaannya lebih banyak untuk industri, air pendinginan pada AC (Air Conditioner), dan meningkatkan jumlah air reservoir pada musim kemarau.

Air Impor

Singapura mengimpor air secara terus menerus dari Johor, Malaysia sejak tahun 1962.  Persetujuan Air ini berlaku hingga tahun 2016.

Air dengan Penghilangan Garam (Desalinated Water)

Desalinated Water diperoleh dari air laut sejak tahun 2005.  Air laut diberi perlakuan awal dengan menghilangkan partikel yang terikat.  Tahap berikutnya sama dengan proses produksi Newater.  Sebelum dikirim ke pemukiman, desalinated water dicampur dengan air yang telah diberi perlakuan.







Sumber : Singapore Cooperation Programme.  2013. Four National Taps. Experience Singapore Newsletter.  APR - JUN 2013/ISSUE 46

Tidak ada komentar:

Posting Komentar